Kegiatan Pelatihan Digitalisasi Data bagi Kader Kesehatan

Pada tanggal 16 Mei 2024, Balai Desa Karanganom, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menjadi pusat perhatian dengan diadakannya kegiatan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi para kader kesehatan. Bertajuk "Pelatihan Digitalisasi Data bagi Kader Kesehatan," acara ini diadakan dengan tujuan memperkenalkan dan membekali para kader dengan kemampuan pengolahan data menggunakan spreadsheet untuk mempermudah pelaporan administrasi di posyandu.


Pelatihan ini diikuti oleh kader-kader kesehatan dari berbagai posyandu di Kecamatan Karanganom. Mereka tampak antusias dan bersemangat mengikuti setiap sesi pelatihan, yang dipandu oleh instruktur berpengalaman di bidang teknologi informasi dan pengolahan data. Pada awal acara, para peserta mendapatkan pemahaman dasar tentang pentingnya digitalisasi data dan bagaimana penerapan teknologi dapat meningkatkan efisiensi kerja serta akurasi pelaporan.


Materi utama yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah penggunaan perangkat lunak spreadsheet, yang telah menjadi alat penting dalam pengelolaan data modern. Kader-kader kesehatan diajarkan cara membuat tabel data, memasukkan dan mengelola informasi kesehatan, serta menggunakan berbagai fungsi untuk menganalisis data yang mereka miliki. Mereka juga diberi contoh-contoh praktis tentang bagaimana data posyandu dapat disusun secara lebih rapi dan sistematis, sehingga memudahkan dalam pelaporan rutin dan memonitor perkembangan kesehatan masyarakat.


Selama pelatihan, para kader berkesempatan untuk berlatih langsung menggunakan spreadsheet di perangkat komputer yang disediakan. Mereka dipandu untuk mengerjakan latihan-latihan yang relevan dengan tugas sehari-hari mereka di posyandu. Tidak hanya itu, peserta juga diajarkan cara mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan cara menyajikan data dalam bentuk visual yang lebih menarik dan mudah dipahami, seperti grafik dan diagram.


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengelolaan data di posyandu. Dengan kemampuan baru yang diperoleh, para kader kesehatan kini dapat menyusun data mereka dengan lebih baik, yang pada gilirannya akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di desa Karanganom. Inisiatif seperti ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat dalam memajukan kesehatan melalui inovasi dan teknologi.


Acara ditutup dengan sambutan dari Kepala Desa Karanganom, yang menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya pelatihan ini. Ia berharap agar keterampilan yang didapat oleh para kader dapat diterapkan secara efektif di posyandu masing-masing, dan menginspirasi desa-desa lain untuk melakukan hal serupa.

21x

Informasi Terkait

Pengumuman

Kegiatan

Sosial Media