Kegiatan Sosialisasi dan Pelantikan Aplikasi Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Chatbot

Pada tanggal 29 Mei 2024, Balai Desa Durenan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menjadi saksi dari sebuah inovasi dalam layanan administrasi desa. Dalam acara yang bertajuk "Sosialisasi dan Pelantikan Aplikasi Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Chatbot," Firman Matiinu Sigit, S.T., M.T., seorang ahli teknologi informasi dari Universitas Tulungagung, memperkenalkan solusi digital terbaru kepada masyarakat desa.


Firman Matiinu Sigit, yang dikenal atas pengabdiannya dalam penerapan teknologi untuk kepentingan publik, memimpin acara ini dengan tujuan mempermudah akses warga terhadap layanan administrasi desa melalui penggunaan chatbot. Aplikasi ini dirancang untuk mengotomatisasi proses administrasi, memberikan informasi, dan menjawab pertanyaan warga secara cepat dan efisien melalui antarmuka percakapan digital.


Dalam sosialisasi tersebut, Firman menjelaskan cara kerja aplikasi chatbot ini, yang mampu menjawab berbagai kebutuhan administrasi warga, seperti pengurusan surat keterangan, pendaftaran kelahiran, dan perizinan usaha, semuanya dilakukan dengan mudah melalui percakapan di ponsel. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan warga untuk mengakses layanan dari mana saja dan kapan saja, tetapi juga mengurangi beban kerja staf administrasi desa.


Selama sesi pelatihan, peserta dari berbagai kalangan di Desa Durenan berkesempatan untuk mencoba langsung fitur-fitur aplikasi ini. Firman memberikan demonstrasi langkah demi langkah tentang cara berinteraksi dengan chatbot, dari memulai percakapan hingga menyelesaikan berbagai permohonan administrasi. Warga desa dengan antusias belajar dan mengapresiasi teknologi yang sederhana namun canggih ini, yang menjanjikan peningkatan efisiensi dan kenyamanan dalam pelayanan publik.


Acara ini juga menjadi momen penting dengan dilantiknya aplikasi tersebut secara resmi sebagai bagian dari sistem pelayanan Desa Durenan. Firman Matiinu Sigit menegaskan bahwa penerapan aplikasi ini merupakan langkah maju dalam upaya digitalisasi desa, yang akan membawa dampak positif jangka panjang bagi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.


Dengan berakhirnya acara, Firman berharap bahwa inovasi ini dapat menjadi model bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan teknologi baru, tetapi juga menguatkan komitmen bersama untuk mengadopsi perubahan yang menguntungkan dan berkelanjutan bagi komunitas.

25x

Informasi Terkait

Pengumuman

Kegiatan

Sosial Media