Pelatihan Pembuatan Konten Video Smart Farming Agriculture

Pada tanggal 22 Mei 2024, Desa Karanganom di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menjadi pusat kegiatan edukasi yang inovatif dengan berlangsungnya "Pelatihan Pembuatan Konten Video Smart Farming Agriculture." Acara ini diselenggarakan oleh RAHMAD SYAIFUDIN, S.Kom., M.Eng., seorang dosen terkemuka dari Universitas Tulungagung yang dikenal karena dedikasinya dalam menggabungkan teknologi dengan pertanian.


Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas petani di Desa Karanganom dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi video untuk mempromosikan dan menerapkan konsep smart farming. Smart farming atau pertanian cerdas merupakan pendekatan modern dalam bertani yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.


Dalam sesi pelatihan ini, RAHMAD SYAIFUDIN memaparkan langkah-langkah praktis dalam pembuatan konten video yang efektif, mulai dari perencanaan hingga produksi dan publikasi. Para petani diajarkan cara menggunakan perangkat sederhana seperti smartphone untuk merekam dan mengedit video yang menarik dan informatif tentang praktik pertanian mereka.


Lebih dari sekadar tutorial teknis, RAHMAD SYAIFUDIN juga menginspirasi peserta untuk melihat potensi besar dalam mengadopsi smart farming. Dia menjelaskan bagaimana video dapat menjadi alat yang kuat untuk berbagi pengetahuan, menjangkau pasar baru, dan mengadvokasi metode pertanian berkelanjutan. Peserta diberi wawasan tentang cara-cara modern untuk memonitor tanaman, irigasi yang cerdas, serta penggunaan sensor dan drone dalam mengelola lahan pertanian.


Antusiasme yang tinggi terlihat dari komunitas petani Desa Karanganom, yang bersemangat untuk menerapkan ilmu baru ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pelatihan ini diharapkan menjadi awal dari transformasi digital di sektor pertanian lokal, membawa dampak positif bagi peningkatan hasil dan kesejahteraan para petani.


Dengan berakhirnya pelatihan, RAHMAD SYAIFUDIN menekankan pentingnya kolaborasi antara petani, akademisi, dan teknologi untuk masa depan pertanian yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Pelatihan ini tidak hanya memperkuat kapasitas individu, tetapi juga memperkuat komunitas untuk menghadapi tantangan masa depan dengan inovasi dan kebersamaan.

18x

Informasi Terkait

Pengumuman

Kegiatan

Sosial Media