Praktikum Uji Tanah Bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Trenggalek

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa teknik sipil tentang pentingnya pengujian tanah dalam proses perencanaan dan konstruksi, Fakultas Teknik Universitas Tulungagung menggelar praktikum uji tanah yang berlangsung selama dua hari berturut-turut di Dinas PU Trenggalek. para mahasiswa/i belajar tentang pentingnya uji tanah dalam proyek konstruksi. Praktikum uji tanah digelar untuk memberikan pemahaman mendalam tentang sifat fisik dan kimia tanah serta dampaknya terhadap kestabilan proyek konstruksi.


Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 16 mahasiswa dari berbagai semester, yang antusias berpartisipasi dalam praktikum yang dipandu oleh para dosen dan ahli di bidang geoteknik. Mahasiswa diberikan pengenalan mendalam tentang teknik pengambilan sampel tanah, pengujian fisik, dan analisis kandungan mineral tanah.


Dalam praktikum ini, para mahasiswa dilibatkan secara langsung dalam proses pengukuran sifat fisik tanah, seperti kandungan air, kepadatan, dan tekstur. terlihat antusias mempersiapkan sampel tanah, mengukur tekstur, serta melakukan analisis kandungan nutrisi dan mineral. Dengan bimbingan para ahli dari Dinas PU, mereka belajar bagaimana mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan tanah serta bagaimana informasi ini dapat diterapkan dalam perencanaan struktur bangunan.


Para instruktur memberikan penekanan pada pentingnya memahami karakteristik tanah dalam perencanaan konstruksi. Mereka menggarisbawahi bahwa informasi yang tepat tentang tanah akan membantu dalam merancang struktur yang tahan lama dan aman, serta mengurangi risiko kerusakan yang mungkin terjadi di masa depan.


Melalui praktikum ini, diharapkan peserta dapat memahami pentingnya pengujian tanah sebelum memulai proyek konstruksi, untuk menghindari risiko kerusakan yang disebabkan oleh tanah yang tidak stabil. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik tanah, diharapkan mereka dapat menerapkan pengetahuan ini secara efektif dalam pekerjaan mereka di masa depan.


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam kepada mahasiswa teknik sipil, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia konstruksi yang semakin kompleks dan menuntut ke depan.


341x

Informasi Terkait

Pengumuman

Kegiatan

Sosial Media